0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Penukaran Uang Pecahan Kecil Maksimal Rp 4,4 Juta Per Orang

foto: Setyo
Bandoe Widiarto (foto: Setyo)

Solo – Penukaran uang pecahan kecil (UPK) akan resmi dibuka untuk umum pada (7-30/6). Untuk menjaga pemerataan, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo telah membuat beberapa kebijakan.

“Pada 7-16 Juni penukaran uang pecahan kecil akan dilakukan pada Selasa dan Kamis pukul 8.30-11.30 WIB. Sedangkan pada 17 – 30 Juni akan dilakukan setiap Senin hingga Kamis,” ujar Kepala Kantor Perwakilan BI Solo, Bandoe Widiarto kepada wartawan, Senin (6/6).

Sedangkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, BI Solo telah menyiapkan alokasi dana sebesar Rp 4,510 Triliun. Jumlah tersebut meningkat 18,5 persen jika dibandingkan dengan alokasi yang disediakan pada tahun sebelumnya yang hanya Rp 3,805 Triliun.

“Penambahan anggaran ini karena kebutuhan masyarakat cenderung meningkat setiap tahunnya,” jelasnya.

Sementara itu, untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat, ia juga mengaku telah menggandeng semua bank umum untuk dapat melayani penukaran. Namun demikian, guna menjaga pemerataan penyaluran, BI Solo telah membuat beberapa kebijakan. Diantaranya adalah setiap penukar diwajibkan untuk screnning KTP dan nominal penukaran maksimal Rp 4,4 Juta.

“Untuk pembagiannya adalah Rp 2 Juta untuk pecahan Rp 20 Ribu, pecahan Rp 10 Ribu dan Rp 5 Ribu masing-masing  Rp 1 Juta. Sementara, pecahan Rp 2 Ribu sebanyak 400 Ribu,” terangnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge