0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Buruh Pembuat Jersey Inggris Diberi Upah Rendah

ilustrasi (bola.net)

Timlo.net – Baru-baru ini media Inggris, The Sun, melakukan investigasi yang mengejutkan. investigasi tersebut melaporkan kesenjangan penghasilan para pekerja di Indonesia yang membuat jersey tim nasional Inggris.

The Sun menyebutkan kalau jersey timnas Inggris untuk Euro 2016 di Prancis nanti, dijual dengan harga 60 poundsterling atau sekitar Rp 1,1 juta rupiah.

Sedangkan upah para buruh pembuatnya yang bekerja di PT Grand Best Indonesia, Semarang, Jawa Tengah, hanya mencapai 165 poundsterling per bulan atau sekitar 3,1 juta rupiah.

“Itu hampir setengah gaji kami selama satu bulan. Uang sebesar itu di Indonesia, bisa untuk membeli laptop atau TV atau sepeda,” ucap salah satu pekerja PT Grand Best Indonesia, Karina, yang nama lengkapnya minta dirahasiakan.

Belum lagi para pekerja di PT tersebut 92 persennya adalah perempuan. Banyak di antara pekerja tersebut tinggal di gubuk-gubuk kecil yang jalannya kotor.

“Kambing dan ayam berkeliaran dan penuh dengan tumpukan sampah,” tulis The Sun menceritakan.

Di pihak Tuntex, selaku induk PT Grand Best Indonesia mengatakan bahwa pelanggan utama mereka meliputi beberapa merek terkenal.

“Kami juga menghargai hak asasi manusia, keamanan, dan lingkungannya,” bunyi pernyataan Tuntex dalam situs resminya seperti dilansir The Sun.

Harga jual yang tak sebanding dengan upah pekerja di PT Grand Best Indonesia, yang juga ikut memproduksi jersey Barcelona dan PSG, itulah yang menjadikan fokus The Sun melakukan investigasi.

[ibs]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge