0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ahok Tahu Relawannya Ditahan Singapura Dari Duta Besar

merdeka.com
Relawan Taman Ahok (merdeka.com)

Timlo.net – Pendiri relawan Teman Ahok, Amalia Ayuningtyas dan rekannya Richard Handris Saerang sempat tertahan di imigrasi Bandara Singapura. Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) baru tahu relawannya tertahan di Singapura berkat Duta Besar Singapura untuk Indonesia, Anil Kumar Nayar.

“Saya enggak tahu, saya sibuk. Ada orang kirimin saya bahwa ini ditahan di imigrasi. Makanya saya langsung kontak sama Dubes Singapura, pak Anil,” kata Ahok di Balai kota, Jakarta, Senin (6/6).

Anil menjelaskan perihal penangkapan dua pendukungnya itu. Pihak imigrasi Singapura sudah mengetahui agenda kegiatan Teman Ahok meskipun dua pendukungnya itu terus berdalih acara itu tak bermuatan politis.

“Pak Anil juga cari saya tahu enggak. Saya sibuk acara. Terus saya tanya ada apa? rupanya ada orang kita yang ditanyain apa kegiatannya. Rupanya Singapura sudah tahu semua kegiatan ini,” jelasnya.

Seperti diketahui, Teman Ahok mengadakan acara Meet Up Teman Ahok Team. Termasuk pengumpulan KTP DKI Jakarta bagi yang ingin memberikan dukungan pada Ahok untuk bertarung di Pilgub DKI Jakarta. Pihak kedutaan besar RI di Singapura menyebut bahwa UU Singapura tidak memperbolehkan negara lain melakukan kampanye di negeri Singa.

Melalui siaran persnya, kedutaan besar RI untuk Singapura menyebut kedua aktivis tersebut dilarang masuk Singapura karena alasan kegiatan berbau politik.

“Ketentuan Undang-Undang Singapura melarang kegiatan politik negara lain di Singapura, dan ketentuan ini wajib dihormati,” tulis siaran pers tersebut.

Amalia Ayuningtyas membela diri. Salah satu alasan pihak Singapura tidak memperbolehkan dia dan Richard Handris Saerang masuk negeri Singa karena penggunaan nama ‘Teman Ahok’ dalam festival itu.

“Makanya, ketika saya diwawancara itu ternyata dikasih judul Teman Ahok, tetap lanjutkan kegiatan di Singapura. Padahal itu tidak berjudul Temen Ahok, tapi lebih ke acara festival bazaar makanan,” ujar Amalia.

Dia menegaskan bahwa kegiatan bazzar yang diselenggarakan di Singapura sebenarnya tidak mengandung unsur politik. Sehingga tertahannya dia sepenuhnya karena kurangnya koordinasi antara Teman Ahok dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia dan Imigrasi Singapura.

[noe]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge