0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Awal Puasa, Harga Daging Sapi dan Ayam Melonjak

dok.timlo.net/putra kurniawan
Pedagang daging di pasar tradisional (dok.timlo.net/putra kurniawan)

Sukoharjo — Memasuiki Bulan Ramadan, harga daging sapi dan ayam di sejumlah pasar tradisional mulai merangkak naik. Kenaikan rata-rata setiap harinya mencapai Rp 5.000 hingga Rp 7.000 per kilo gram dengan harga saat ini pada kisaran Rp 85 ribu.

“Seperti pada tahun-tahun sebelumnya menjelang puasa selalu naik erus sampai lebaran, kenaikan mulai dari Rp 1.000 hingga puluhan ribu. Dan mendekati Lebaran bisa sampai Rp 110 ribu,” kata salah satu pedagang daging sapi di Pasar Kartasura, Mili, Minggu (5/6).

Meskipun harga sudah menunjukkan kenaikan, namun pada awal puasa permintaan masih banyak, sehingga tidak terlalu berpengaruh terhadap omset penjualan. Para pedagang sudah mengantisipasi jauh-jauh hari dengan mengurangi stok, meskipun merka mengaku was-was juga jika terus naik.

Kenaikan harga juga terjadi pada daging ayam sejak beberapa hari terakhir menjelang puasa. Dari harga pada hari biasa sekitar Rp 25 ribu per kilo gramnya, kini sudah menjadi Rp 30 ribu. Kenaikan ini juga dinilai wajar oleh pedagang saat menjelang Puasa sampai awal Puasa dan mendekati Lebaran.

“Sudah biasa kalau mau puasa sampai pertengahan itu harga naik, lalu turun lagi dan kembali naik mendekati lebaran. Ini sudah sering terjadi dari tahun ke tahun sama saja, jadi kita sudah biasa menghadapinya,” tandas pedagang ayam, Maryani.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge