0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ini Empat Masalah Penyelenggaraan Angkutan Lebaran 2016

merdeka.com
kereta api (merdeka.com)

Timlo.net — Jauh-jauh hari Kementerian Perhubungan terus melakukan persiapan untuk menyambut lebaran. Salah satunya adalah melakukan inspeksi pada jalur Lintas Utara dan Lintas Selatan Jawa, untuk mengecek kesiapan prasarana, sarana dan SDM perkeretaapian menjelang pelaksanaan Angkutan Lebaran Tahun 2016.

Selain itu, inspeksi juga dilaksanakan dalam rangka memantau aspek keselamatan dan keamanan untuk perjalanan kereta api selama penyelenggaraan Angkutan Lebaran 2016.

Sekretaris Direktorat Jenderal Perkeretaapian, Popik Montanasyah menjelaskan ada empat faktor yang berpotensi menimbulkan permasalahan pada penyelenggaraan Angkutan Lebaran Tahun 2016.

“Yaitu kondisi prasarana yang kurang baik, kondisi sarana yang tidak siap/baik, pengabaian terhadap peraturan/regulasi yang ada, serta kurangnya kompetensi SDM yang bertugas pada penyelenggaraan Angkutan Lebaran,” ujar Popik di Jakarta, Minggu (5/6).

Untuk itu, Popik meminta agar penyelenggaraan angkutan lebaran berjalan dengan baik, diharapkan seluruh prasarana dan sarana perkeretaapian dapat dipersiapkan sebaik-baiknya.

“Kepatuhan terhadap regulasi atau peraturan yang berlaku merupakan hal yang mutlak untuk dilaksanakan,” ucapnya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Perkeretaapian, Prasetyo Boeditjahjono mengatakan penyelenggaraan Angkutan Lebaran ini merupakan tugas besar Direktorat Jenderal Perkeretaapian selaku regulator dan PT KAI(Persero) selaku operator. Diharapkan seluruh petugas yang terlibat selama masa penyelenggaraan Angkutan Lebaran ini dapat mempersiapkan kondisi fisiknya dengan baik.

“Sinergi antara regulator dan operator diharapkan dapat terwujud dengan baik demi keberhasilan Angkutan Lebaran Tahun 2016 ini. Keselamatan dalam penyelenggaraan Angkutan Lebaran Tahun 2016 merupakan hal yang utama, sehingga zero accident dapat terwujud yang tentunya berimbas pada keberhasilan penyelenggaraan Angkutan Lebaran Tahun 2016 ini,” tandasnya.

[hhw]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge