0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ajarkan Cintai Lingkungan, Paguyuban Reksa Bhuana Bagikan Bibit Tanaman

Panitia membagikan bibit tanaman kepada sejumlah anak usia TK (timlo.net/achmad khalik)

Solo – Bukan perkara mudah, untuk menumbuhkan sikap cinta lingkungan. Terutama dikawasan sungai perkotaan. Tak jarang, masyarakat masih menilai bahwa sungai di perkotaan sebagai tempat sampah raksasa dan praktis dalam membuang sampah. Jika terus-menerus dilakukan akan berakibat tercemarnya wilayah sungai dibagian hilir.

“Kegiatan yang dilakukan, diharapkan mampu merubah stigma masyarakat bahwa sungai bukanlah tempat untuk membuang sampah. Melainkan, harus dijaga sebaik mungkin untuk generasi mendatang,” kata Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo, Minggu (5/6).

Selain melakukan kegiatan bersih sungai, kegiatan yang diinisiasi oleh Paguyuban Reksa Bhuana tersebut juga mengajarkan kepada sejumlah anak terkait cinta lingkungan. Dalam kegiatan yang dilakukan di Kelurahan Sangkrah ini, anak-anak diajak turut serta menanam bibit sayuran. Tujuannya, agar kedepan nanti anak-anak tersebut menjadi pegiat lingkungan dan melestarikannya ditempat mereka tinggal.

“Jika sejak dini telah dikenalkan untuk cinta lingkungan, dengan ikut merawat atau menanam sejumlah tanaman kedepan mereka pasti akan mencintai lingkungannya,” kata Rudy.

Sementara itu, Ketua Panitia kegitan resik kali, Anas Kamaludi mengatakan, tiap anak diberikan sejumlah bibit tanaman jenis sayur-sayuran, diantaranya cabai, tomat dan terong. Diharapkan, anak-anak tersebut menanam bibit yang diberikan dan memetik hasil jerih payah yang telah dilakukan.

“Kalau sudah sejak kecil diajarkan seperti ini (menanam tanaman-red), kedepan mereka pasti akan mencintai tanaman dan menjaga lingkungannya,” terangnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge