0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

TNI Ajak Ormas Tanam Pohon Sumber Makanan Kera

foto: Putra
TNI dan Pramuka menanam pohon di pegunungan seribu (foto: Putra)

Sukoharjo – Tentara Nasional Indonesia (TNI) bersama polisi dan sejumlah organisasi masyarakat melakukan gerakan menanam pohon di Kecamatan Bulu. Selain untuk mengurangi pemanasan global, juga sebagai sumber makanan kera yang sering meresahkan warga.

“Selama ini warga di sekitar pegunungan seribu Kecamatan Bulu sering diganggu kera yang berani masuk ke pemukiman. Kita berusaha mencari solusi dengan menanam pohon buah talok (Kresen) sebag sumber makanan kera di hutan,” kata Kasadim 0726 Sukoahrjo, Mayor Inf Nunung Wahyu Nugroho, Sabtu (4/6).

Setiap musim kemarau, kera ekor panjang bergerombol memasuki pemukiman warga di Desa Kedungsono, Desa Gentan dan Desa Sanggang untuk mencari makan. Pasalnya, di habitat aslinya di Pegunungan Seribu menjadi gersang dan tidak ada ketersediaan makanan.

Menyikapi permasalahan warga yang sudah bertahun-tahun ini, Kodim mengajak ormas kepemudaan keagamaan untuk menyediakan tanaman sumber makanan kera. Tidak hanya menanam, mereka diberikan tanggunjawab untuk memelihara pohon hingga tumbuh dan berbuah.

“Kita melakukan penanaman dan pemeliharaan tanaman keras yang menjadi sumber makanan kera. Semua kita libatkan agar memiliki rasa tanggunjawab terhadap lingkungannya. Tidak hanya sampai di sini, akan kita lanjutkan dengan program lainnya,” tandasnya.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge