0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Gamelan Akbar Hadirkan Dua Komposer Gamelan Kondang

foto: Heru
Jumpa pers Konser gamelan Akbar (foto: Heru)

Solo – Konser Gamelan Akbar ke-3 digelar di Pelataran Benteng Vastenburg, Sabtu (4/6) malam. Masih mengambil konsep tarung gamelan antara dua komposer, konser bertajuk Battle of Influence ini akan menghadirkan dua komposer gamelan kenamaan yakni Joko Porong Winarko dan Gondrong Gunarto.

“Mengulang kesuksesan konser gamelan satu dan dua, konser ketiga ini lebih semakin mendekatkan gamelan kepada masyarakat luas, sekaligus semakin membuka ruang bagi kepiawaian komposer untuk memamerkan temuan atau pencapaian kreatif mereka,” papar Ketua Lembaga Lestari Gamelan, Begog D Winarso, di sela persiapan konser, Sabtu (4/6).

Begog mengatakan, bahwa konser ini penting selain untuk menjaga kesinambungan event tahunan kota, juga untuk mendinamisasi gamelan untuk semakin progresif sebagai bagian dari kekayaan musik dunia. Dengan tema dan penyaji yang berbeda setiap tahunnya, diharapkan konser gamelan bisa keluar dari kecenderungan even tahunan yang hanya mengulang, monoton dan tanpa tema.

Dikatakan bahwa konser gamelan ini juga turut membentuk kesadaran pemerintah kota dalam melakukan pelestarian terhadap gamelan. Sejak digelarnya pada tahun 2014 silam, pemerintah secara bertahap memberikan perangkat gamelan bagi kelurahan-kelurahan.

“Nah dengan begitu muncul kelompok karawitan baru, baik Karang Taruna, Ibu PKK, maupun bapak-bapak. Hal ini cukup menggembirakan mengingat sejak medio tahun 90an gamelan sudah mati segan hidup tak mau,” papar Begog.

Ditambahkan Begog, bahwa konser gamelan bukan hanya sebagai hiburan semata, melainkan ajang pembelajaran, baik untuk masyarakat awam, penikmat gamelan, pemerhati budaya, dan masyarakat kesenian.

Dalam konser gamelan nanti, masing-masing komposer akan menampilkan lima komposisi terbaiknya. Komposisi ini juga telah mengalami fase kuratorial yang cermat, hingga siap disajikan di atas panggung. Diharapkan konser gamelan ini bisa memberikan sumbangsih bagi perkembangan musik etnik, dan musik dunia.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge