0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Berapa Banyak Air yang Harus Diminum Sebelum, Selama dan Setelah Olahraga?

Dok: Timlo.net/ Google Images.
Air mineral. (Dok: Timlo.net/ Google Images.)

Timlo.net—Sebuah penelitian baru di Sports Medicine mengungkapkan jika dehidrasi bisa mengurangi kekuatan Anda dan daya tahan selama berolahraga. Nah, lantas berapa banyak air mineral yang harus diminum sebelum, selama dan setelah berolahraga?

Aturan dasarnya, minum 237 ml air mineral 30 menit sebelum berolahraga untuk memastikan otot-otot bekerja dengan baik. Lalu minum 437 ml air selama 30 menit pertama olahraga. Sementara aturan jumlah air yang diminum selama berolahraga agak subyektif. Tapi terapis nutrisi Jo Scott-Dalgleish merekomendasikan minum 437 ml air selama 1 jam olahraga.

Setelah 90 menit olahraga intensitas sedang, air tidak lagi cukup. Dalam tingkat ini, simpanan glikogen di tubuh menipis, jadi Anda perlu minum minuman elektrolit. Mengatur jumlah air mineral yang dikonsumsi penting jika Anda atlet ketahanan. Minum terlalu banyak air tanpa mengganti elektrolit bisa menyebabkan kondisi disebut hyponatremia. Kondisi itu menyebabkan kegagalan organ, kejang-kejang dan bahkan kematian. Jika Anda berlari jarak jauh, pastikan Anda memiliki strategi untuk menghidrasi tubuh.

Sumber: Men’s Health.

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge