0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ciu Dioplos Jamu, Penjual Diamankan

tersangka menjual dan mengedarkan minuman keras (miras) oplosan. (foto: Heru)

Solo – Pasangan suami istri (Pasutri) berinisial W dan S ditangkap petugas kepolisian dari sektor Laweyan, Kamis (2/3). Pasutri ini ditangkap lantaran menjual dan mengedarkan minuman keras (miras) oplosan. Untuk mengelabuhi polisi, miras oplosan ini disamarkan sebagai jamu.

“Pasangan ini sudah dua kali ditangkap dalam kasus yang sama,” papar Kapolsek Laweyan, Kompol Agus Puryadi, Sabtu (4/6).

Saat diperiksa, pasutri ini mengaku bahwa miras jenis Ciu tersebut tidak dioplos dengan menggunakan bahan yang berbahaya. Namun, justru dicampur dengan Ginseng, Pasak Bumi, Teh Hijau, sehingga kerap disebut sebagai jamu.

Dia juga mengaku telah lama beroperasi, dan memiliki pelanggan tetap. Bahkan tak hanya seputar Solo, peredaran jamu ini juga mencapai Sukoharjo.

“Mereka kita tangkap saat beroperasi di kawasan Sondakan. Saat itu mereka sedang melakukan pencampuran antara Ciu dan ramuan,” papar Kapolsek.

Dari tangan tersangka disita lima gentong berisi miras yang telah dioplos sekitar 400 liter, puluhan botol air mineral berbagai jenis, lima botol besar Ciu murni, dan 50 botol besar berisi Ciu oplosan. Total barang yang berhasil diamankan sekitar 500 liter.

“Kita kenakan pasal tipiring, dan pelanggaran perda, dan akan segera disidangkan,” jelas Kapolsek.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge