0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

KNKT : Kelelahan Pengemudi Akibat Kemacetan Lalu Lintas yang Panjang

dok.timlo.net/achmad khalik
Ketua KNKT Soeryanto Tjahyono kunjungi Terminal Tirtonadi, Solo (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo – Komite Nasional Keselamatan Transportasi berkoordinasi dengan tiap wilayah di Indonesia terkait penekanan angka kecelakaan yang terjadi saat lebaran mendatang. Dalam koordinasi yang dilakukan, mereka menggaris bawahi bahwa kelelahan yang terjadi akibat mengemudi disebabkan lantaran jalanan yang padat dan macet.

“Penyebab utama kecelakaan adalah kelelahan. Faktor kelelahan ini dipicu lantaran sopir merasa capek saat melintasi jalan dengan tingkat kepadatan yang cukup tinggi,” terang Ketua KNKT, Soerjono Tjahjono, Jumat (3/6).

Maka dari itu, pihaknya menghimbau kepada sejumlah kepala daerah hingga Gubernur supaya dalam mudik lebaran mendatang lebih memprioritaskan jalan utama terlebih dahulu dibandingkan jalan kota, atau yang lain. Dicontohkan, sepanjang jalan Yogyakarta-Solo terdapat puluhan rambu lalu lintas. Hendaknya, rambu untuk jalan utama diutamakan dengan waktu yang lebih lama. Sehingga, kemacetan yang terjadi tidak terus menumpuk dan mengakibatkan kelelahan pada pengemudi.

“Selain itu juga pasar tumpah yang terjadi tiap lebaran di kawasan-kawasan tertentu. Ini juga mengakibatan kemacetan parah yang menghambat laju kendaraan dan berakibat pada lelahnya pengemudi atau sopir kendaraan,” terangnya.

Dengan upaya yang telah dilakukan tersebut, pihaknya berharap supaya tingkat kecelakaan yang biasa terjadi dapat mengalami penurunan.

“Saat ini kami berusaha dengan mendatangi sejumlah kawasan. Semoga, saat penyelenggaraan mudik nanti seperti yang kami harapkan,” terangnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge