0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Baznas Salurkan Zakat Natura

(Ilusttrasi) Pembagian zakat di Rumah Dinas Bupati Karanganyar (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Pemerintah Kabupaten Karanganyar bersama Baznas Karanganyar juga menggelar sejumlah kegiatan selama Ramadhan. Mulai dari tarawih keliling dan pembagian zakat natura.

“Baznas menyalurkan bantuan ke setiap desa Rp 1 juta untuk menggelar tarling,” Kabid Pendistribusian dan Pemberdayaan Baznas Iskandar, Jumat (3/6).

Iskandar menambahkan, tahun ini Baznas menyalurkan dana Zakat, Infaq, dan Sodakoh (ZIS) sebesar Rp 4 Miliar kepada delapan asnaf. Yakni fakir, miskin, amil, mualaf, riqab, gharimin, fisabilillah, dan ibnu sabil.

Selain itu, Baznas juga membagikan zakat natura untuk pertama kalinya. Yakni zakat bahan pangan sembako berupa beras, gula, teh, minyak goreng.

”Zakat Natura disalurkan kepada 535 warga kategori fakir miskin di Karanganyar. Setiap orang akan mendapatkan bantuan pangan itu senilai Rp 170 Ribu setiap bulan. Bantuan akan diberikan sampai Desember,” jelas Iskandar.

Adapun kriteria penerima bukan penerima raskin, bukan PNS, TNI/Polri, lansia usia minimal 70 tahun. Selain itu, Baznas juga bedah rumah fakir miskin Rp 10 juta rumah total Rp 100 juta. Kemudian beasiswa siswa berprestasi, bantuan untuk guru TPQ/TPA dengan total Rp 180 juta.

”Baznas juga menyalurkan bantuan dua sepeda onthel kepada petugas pemantau jam wajib belajar di 17 kecamatan di Karanganyar. Setiap desa diberi dua sepeda onthel,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge