0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sambut Ramadan dan Idul Fitri, Pertamina Tambah Pasokan LPG

timlo.net/setyo pujis
Masyarakat saat mengantri pembelian LPG 3 kg (timlo.net/setyo pujis)

Solo – PT Pertamina Marketing Operation Region (MOR) IV siap tambah pasokan stok LPG 3 kilogram untuk mengantisipasi lonjakan permintaan pada Juni dan Juli. Hal itu dilakukan karena tingkat konsumsi masyarakat diprediksi terus meningkat, seiring masuknya bulan Ramadan dan hari raya Idul Fitri.

“Untuk wilayah Soloraya, pada Juni kita telah mempersiapkan pasokan tambahan sebanyak 143.533 tabung. Jumlah tersebut meningkat sekitar 3 persen dibanding rata-rata konsumsi normal,” ujar Area Manager Communication & Relation Pertamina Jawa Tengah, Suyanto kepada wartawan, Jumat (3/2).

Sedangkan untuk bulan Juli, Pertamina akan melakukan penambahan lagi hingga lima persen atau sekitar 239.222 tabung. Penambahan itu diperlukan, untuk mengantisipasi lonjakan permintaan saat mendekati hari raya Idul Fitri.

Sementara itu, Wakil Ketua satu Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas) Solo, Budi Prasetyo menyampaikan, penambahan jumlah pasokan tersebut jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya terjadi peningkatan sekitar 15 persen.

“Dengan adanya penambahan pasokan itu, kita berharap tidak akan terjadi kelangkaan dan kebutuhan masyarakat bisa tercover,” jelasnya.

Melihat pengalaman tahun sebelumnya, trend kenaikan permintaan LPG 3 kilogram diprediksi terjadi pada minggu kedua dan ketiga. Sedangkan pada minggu ke empat dan hari H Lebaran biasanya cenderung turun.

“Hal itu karena pelaku UMKM biasanya meningkatkan kapasitas produksi sebelum Lebaran. Sehingga pada saat hari H lebaran permintaan cenderung turun, karena konsumsi dari UMKM relatif berkurang,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge