0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Foto Bupati Dijual, UPTD Pendidikan: Titipan Humas

Ssreenshot akun Twitter Bupati Klaten (dok.timlo.net/aditya wijaya)

Klaten — Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pendidikan Kecamatan Wedi kebakaran jenggot terkait beredarnya percakapan pesan pendek (sms) dengan seorang guru TK yang tersebar di sosial media (sosmed). Hal itu terjadi saat wartawan menyambangi kantor yang terletak di Jalan raya Wedi – Bayat, tepatnya di Dukuh Kuntulan, Desa Gadungan, Wedi.

“Sudah Mas, langsung ke Humas (Bagian Humas Setda Klaten) saja. Kami hanya melaksanakan tugas, itu (bingkai foto) titipan dari Humas,” kata seorang pegawai UPTD Pendidikan Kecamatan Wedi, Asih, Jumat (3/6).

Seperti diketahui, Kamis (2/6), admin fans page Facebook ‘Info Klaten 2’ mengunggah dua gambar screenshoot (layar percakapan) sms antara pemilik nomor 081568298269 yang diduga petugas UPTD Kecamatan Wedi kepada seorang guru TK pada 2 Mei 2016 lalu, agar segera menebus bingkai foto bergambar Bupati dan Wakil Bupati Klaten seharga Rp 200 ribu. Sontak, postingan tersebut sudah dibagikan sebanyak 67 kali dan dikomentari 136 orang hingga menjadi viral.

Saat ditanya kepada siapa foto itu dijual, Asih menjawab untuk semua sekolah. Bukan hanya tingkat TK di Kecamatan Wedi seperti yang tersebar di sosmed, tapi seluruh Klaten.

“Enggak hanya TK, tapi SD, SMP, SMA juga. Itu bukan cuma Wedi (penjualan bingkai foto), itu se-Klaten. Konfirmasi ke Humas saja, kami enggak tahu apa-apa,” ucapnya menggerutu.

Sementara, salah seorang pengurus yayasan yang memiliki TK mengaku, hingga sekarang enggan mengambil bingkai foto tersebut ke UPTD Pendidikan Kecamatan Wedi. Sebab, menurut dia, perintah mengambil foto Bupati-Wakil Bupati dengan membayar Rp 200 ribu itu merupakan pungutan liar lantaran tidak ada surat resmi dari intansi terkait.

“Ini juga dadakan, kami tidak tahu menahu tiba-tiba sudah ada pemberitahuan dari UPTD. Jika itu dari pemerintah, semestinya sudah dianggarkan dalam APBD,” beber pengurus TK di Wedi yang enggan disebutkan namanya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge