0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Padusan, SAR Boyolali Siaga di Tiga Umbul

dok.timlo.net/nanin
Salah satu umbul di Boyolali (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali — Menjelang pelaksanaan tradisi padusan yang bakal digelar mulai besok hingga Minggu (5/6), Tim SAR BPBD Boyolali menyiapkan petugas untuk melakukan pengamanan di tiga umbul. Nantinya tiap umbul disiapkan lima petugas.

“Kita siagakan petugas untuk mencegah kecelakaan air,“ kata Komandan SAR BPBD Boyolali, Kurniawan Fajar Prasetya, Jumat (3/6).

Selain melakukan pengamanan, petugas SAR yang siaga juga akan melakukan himbauan ke pengunjung untuk mencegah kecelakaan air. Diakui Yoyok, panggilan akrab Komandan SAR, pengunjung seringkali lengah dengan keselamatan mereka saat berada didalam kolam. Untuk itu, pihaknya meminta agar pengunjung tidak segera masuk ke dalam kolam renang bila kondisi badan masih berkeringat.

“Hindari berenang saat cuaca panas, untuk mencegah dehidrasi,” tambahnya.

Dari kasus tahun lalu, diungkapkan Yoyok, salah satu pengunjung mengalami musibah saat sedang berenang. Diduga terkena kram perut yang mengakibatkan tenggelam dan meninggal dunia.

“Ini yang kita cegah jangan sampai terjadi,” imbuhnya.

Di sisi lain, tradisi padusan sendiri akan digelar di tiga umbul, yaitu Umbul Pengging, Umbul Sawit dan Tlatar, Boyolali Kota.Diprediksi ribuan pengunjung akan memadati tiga lokasi tersebut. Tradisi padusan sendiri digelar sehari sebelum Puasa.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge