0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Angkutan Umum Wajib Sediakan Alat Keselamatan Penumpang

dok.timlo.net/achmad khalik
Ketua KNKT Soeryanto Tjahyono kunjungi Terminal Tirtonadi, Solo (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) memperingatkan supaya setiap angkutan umum, baik darat (bus/kereta api), udara maupun laut mempersiapkan alat keselamatan bagi awak dan penumpang. Jika peringatan tersebut tidak diindahkan, maka pihaknya akan memberikan sanksi tegas bagi pengelola sarana transportasi tersebut.

“Beberapa waktu lalu, kami sempat mengunjungi Pelabuhan Merak dan Bakauheni dan menyaksikan simulasi keselamatan yang dipraktekkan oleh kapal penumpang. Namun hasilnya para awak masih belepotan (kurang maksimal) dalam mempraktekkannya. Coba kalau itu kecelakaan beneran, bisa hilang nyawa betul,” terang Ketua KNKT Soerjono Tjahjono, di Solo, Jumat (3/6).

Peringatan tersebut dititikberatkan pada transportasi udara dan laut. Meski begitu, transportasi darat juga perlu melakukan simulasi keselamatan. Penitikberatan ini dilakukan mengingat dua sarana transportasi tersebut selalu disertai dengan jumlah korban yang sangat tinggi.

“Kalau para awaknya saja tidak tahu, bagaimana mereka memberi peringatan kepada penumpangnya. Kan ya susah. Minimal bisa mengurangi korban jiwa sehingga korban meninggal tidak terlampau banyak,” jelas Soerjono.

Selain itu, lanjutnya, alat keselamatan merupakan kelengkapan wajib yang dimiliki oleh tiap sarana transportasi. Jangan hanya menjadi pajangan semata atau justru tidak dilengkapi dengan alasan apapun.

“Biasanya pengelola jasa transportasi ini justru menomorduakan fasilitas keselamatan. Manakala terjadi kecelakaan, akibatnya sangat fatal dengan jumlah korban yang sangat tinggi,” jelasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge