0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Nama-Nama Ini Tanda Tangani Surat HMP untuk Gulingkan Ahok

dok.merdeka.com
Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) (dok.merdeka.com)

Timlo.net — Sejumlah anggota DPRD DKI terus berupaya menghidupkan kembali Hak Menyatakan Pendapat (HMP) untuk melengserkan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Usulan adanya HMP berawal dari desakan Aliansi Masyarakat Jakarta Utara (AMJU) saat melakukan unjuk rasa di depan Gedung DPRD DKI Jakarta beberapa waktu lalu.

Sebanyak 17 anggota dari empat fraksi DPRD DKI sudah memberikan tanda tangan surat dukungan menghidupkan HMP. Empat fraksi tersebut adalah Fraksi Partai Gerindra, Fraksi Partai Persatuan Pembangunan, Fraksi Partai Golkar, dan Fraksi Partai Demokrat.

Adapun rinciannya sebagai berikut:

Fraksi Partai Gerindra:

  1. Mohamad Taufik
  2. Taufik Hadiawan
  3. Abdul Ghoni
  4. Iman Satria
  5. Fajar Sidik
  6. Nuraina
  7. Prabowo Soenirman
  8. Mohamad Arief
  9. Endah Setia Dewi
  10. Syarif
  11. Seppalga Ahmad
  12. Rani Mauliani
  13. Rina Aditya Sartika

Fraksi Partai Demokrat-PAN:

  1. Mujiono

Fraksi PPP:

  1. Abraham Lunggana
  2. Riano

Fraksi Partai Golkar:

17 Ramli.

Bila mengacu pada Undang Undang Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR DPR DPD dan DPRD (UU MD3) Pasal 336 Ayat 1 huruf b disebutkan, hak menyatakan pendapat diusulkan oleh minimal 20 anggota DPRD yang berasal minimal dari dua fraksi.

Sementara, untuk bisa mengesahkan hak menyatakan pendapat, butuh dukungan minimal 2/3 dari anggota yang hadir. Saat ini, DPRD DKI Jakarta beranggotakan 106 orang anggota. Atas dasar ini, sekurang-kurangnya sekitar 80 anggota dewan untuk hadir dalam rapat paripurna HMP jika berhasil digelar.

[ren]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge