0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Alokasi Kuota Siswa Berprestasi Olahraga Hanya 91 Siswa

dok.timlo.net/tyo eka
Sekretaris Dikpora Solo, Aryo Widyandoko (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo – Alokasi kuota untuk siswa berprestasi bidang olahraga dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB) 2016 untuk jenjang SMP hanya 91 kursi. Kursi itu tersebar di 18 SMP Negeri Kota Solo.

“Sedang untuk jenjang SMA sebanyak 88 kursi tersebar di delapan SMA Negeri,” ungkap Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) kota Solo, Aryo Widyandoko kepada wartawan, di Kantor Dinas Dikpora Solo, Kamis (2/6).

Kuota tersebut baik untuk jenjang SMP maupun SMA, menurut Aryo, pada dasarnya untuk sejumlah sekolah relatif sama seperti tahun  lalu. Meskipun sama, untuk tahun ini kuota yang ada diharapkan bisa dipenuhi.

Adanya alokasi kuota siswa berprestasi bidang olah raga, kata dia, diharapkan akan lebih terfokus dan dapat memaksimalkan pembinaan terhadap atlet pelajar di Kota Solo.

“Namun hal itu juga musti dilakukan adanya sosialisasi terkait kuota tersebut,” ungkapnya.

Minimnya sosialisasi tentang kuota untuk siswa berprestasi bidang olah raga seperti halnya tahun lalu, tentu akan berimbas kepada tidak terpenuhinya kuota yang telah dialokasikan ke beberapa sekolah yang ditunjuk saat itu.

Tahun lalu, banyak lulusan yang memiliki piagam penghargaan di bidang olah raga tertentu, lebih memilih mendaftarkan diri di sekolah favorit yang kuotanya bukan untuk cabang olah raga yang dimilikinya tersebut.

“Punya piagam prestasi olah raga karate misalnya, tapi justru memilih mendaftar di sekolah tertentu yang kuotanya khusus untuk cabang olah raga renang, karena sekolah tertentu tersebut termasuk sekolah favorit,” ujarnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge