0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Inflasi Merangkak Naik, TPID Diminta Ambil Tindakan

foto: Setyo
Kepala BPS Solo R Bagus Rahmat Susanto (foto: Setyo)

Solo – Jumlah angka inflasi Kota Solo pada Mei 2016 meningkat menjadi 0,04 persen. Dari total komoditas yang dihitung indek harga konsumen (IHK) nya, kelompok pengeluaran makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau menjadi penyumbang terbesar laju inflasi.

“Indeks Harga Konsumen pada Mei 2016 sebesar 120,64, jumlah tersebut meningkat jika dibanding bulan sebelumnya yang hanya 120,59,” ujar Kepala BPS Solo, R Bagus Rahmat Susanto kepada wartawan, Kamis (2/6).

Dikatakan dia, dari tujuh kelompok pengeluaran yang dihitung IHK-nya, empat kelompok mengalami kenaikan. Yaitu kelompok makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau naik menjadi 0,81 persen, kesehatan naik 0,18 persen, pendidikan, rekreasi dan olahraga naik 0,02 persen, dan kelompok transport, komunikasi serta jasa keuangan naik 0,04 persen.

“Sementara itu untuk kelompok bahan makanan turun 0,66 persen, perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar turun 0,01 persen dan sandang turun 0,03 persen,” jelasnya.

Sementara itu, untuk komoditas yang mengalami kenaikan harga sehingga memberikan sumbangan inflasi diantaranya adalah gula pasir, telur ayam ras, daging ayam ras, minyak goreng, mie, bawang putih dan lainnya.

Bagus juga menyampaikan, jika tim pengendali inflasi daerah (TPID) tidak segera mengambil tindakan, dimungkinkan angka inflasi pada Juni meningkat. Hal itu mengingat tingkat konsumsi masyarakat terus merangkak naik seiring dengan masuknya bulan Ramadan.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge