0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Citilink Buka Rute Penerbangan ke Morotai

merdeka.com
(merdeka.com)

Timlo.net – Pemkab Morotai bersama maskapai berbiaya murah (LCC) Citilink Indonesia sepakat melakukan kemitraan untuk mendorong pertumbuhan industri pariwisata. MoU kerjasama keduanya ditandatangani di sela peluncuran Wonderful Morotai di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Rabu (1/6) kemarin.

Saat ini, Morotai memang bisa disebut sebagai daerah terisolir. Setelah ditetapkan sebagai salah satu destinasi prioritas oleh Presiden Jokowi, semua lini langsung fokus mengembangkan kabupaten di Maluku Utara itu sebagai destinasi wisata maritim.

Lokasi yang strategis menjadikan Morotai banyak diincar investor asing. Di sebelah utara, Morotai bisa ditempuh kurang lebih 3,5 jamdari Jepang, Korea, Taiwan dan Tiongkok. Di bagian barat, Singapura dan sejumlah negara ASEAN juga bisa dijelajahi selama 3,5 jam. Dan di timur, Morotai juga bisa menjangkau Palau dan negara-negara Pasifik.

“Dari sekian banyak pilihan tadi, kami memilih untuk fokus ke Tiongkok terlebih dahulu. Kebetulan wisatawan asal Tiongkok senang dengan wisata maritim. Dan setiap tahunnya jumlah outbound turis dari Tiongkok mencapai lebih dari 100 juta orang. Itu yang terbesar didunia,” kata Direktur Keuangan Citilink, Mega Satrio.

Sejumlah ahli dari pihak Citilink pun sudah datang ke Morotai untuk mengecek kondisi dan kesiapan infrastruktur yang dibutuhkan. Kondisi bandara, panjang landasan udara, ruang tunggu, imigrasi, semua sudah dicek. Meski masih ada sejumlah kekurangan, Citilink menerbangkan pesawat jenis A320 dengan kapasitas 180 penumpang ke Morotai.

“Selama ini memang hanya pesawat jenis pesawat ATR berukuran kecil yang singgah ke Morotai. Kami memilih beda. Citilink yang terbang dari dan ke Morotai akan menggunakan A320 berkapasitas 180 penumpang. Tim kami sudah mengkajinya. Semua sudah diperhitungkan,” ulas Mega.

Namun dia belum bisa memastikan tanggal pasti penerbangan ke Morotai. Meski begitu, Mega tetap yakin penerbangan perdana Citilink bisa dilakukan di akhir tahun 2016.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge