0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kejari Klaten Musnahkan Sejumlah Barang Bukti

Pemusnahan barang bukti 22 perkara tindak pidana umum oleh Kejaksaan Negeri Klaten (dok.timlo.net/aditya wijaya)

Klaten — Berbagai barang bukti perkara narkotika, psikotropika, dan tindak pidana umum yang sudah berkekuatan hukum tetap (inkracht) dimusnahkan Kejaksaan Negeri (Kejari) Klaten, Kamis (2/6). Pemusnahan barang haram itu dilakukan dengan cara dibakar di halaman belakang gedung Kejari setempat.

“Pemusnahan barang bukti, khususnya narkotika sengaja dilakukan sebelum (bulan) Puasa. Pasalnya, kejahatan Narkoba sangat bahaya dan merugikan kita semua sehingga harus bisa di rem atau dicegah,” kata Kepala Kejari Klaten, Sugeng Hariadi, Kamis (2/6).

Disaksikan perwakilan Pengadilan Negeri (PN) Klaten, Dinas Kesehatan Klaten serta Polres Klaten, Sugeng menyebutkan, barang bukti yang dimusnahkan berasal dari 22 perkara sepanjang tahun 2015 hingga April 2016. Perkara tersebut sudah Inkracht dan berdasarkan putusan PN Klaten.

Secara detail, barang bukti yang dimusnahkan di antaranya narkotika jenis sabu 16,15 gram, ganja 57,76 gram, delapan paket ganja, dan satu paket sabu. Serta psikotropika meliputi 2.142 butir pil merk dagang Trihexyphenidyl, empat butir pil Alprazolam, dan tiga butir pil Riklona. Selain itu juga ada handphone, timbangan digital, korek api, pipet, alat hisap, dan lainnya.

“Sebagian sudah dimusnahkan saat penyidikan. Kalau zat kimia mungkin ada yang bahaya kalau kena api, bisa meledak. Jadi nanti akan dilarutkan dengan air dan dibuang,” tandas Kajari Klaten.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge