0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kerjasama RI-Singapura Diperdalam

timlo.net - dhefi
Wahana pertunjukan Songs of the Sea di Singapura (timlo.net - dhefi)

Timlo.net – Indonesia gencar berpromosi wisata di Singapura. Tujuannya untuk menarik wisatawan yang ada di negeri Merlion itu tertarik mengunjungi tanah air.

“Inilah yang dimaksud kerjasama strategis, komplementer, saling mengisi,” kata Menteri Pariwisata (Menpar), Arief Yahya, kemarin.

Bukan hanya itu, Indonesia juga terikat oleh kesepakatan ASEANTA, negara-negara ASEAN yang membuat paket pariwisata bersama, as one destination. Itu sudah efektif tahun 2016 dan sudah dilaunching di ITB Berlin 2016.

“Kerjasama dengan Singapore yang indeks competitivenessnya lebih tinggi, peringkat 11 dunia, itu sangat mendongkrak popularitas Indonesia yang masih di nomor 50 dunia. Jadi kita untung, Singapore juga untung,” ungkap Arief.

Kemenpar memang rajin berpromosi di Negeri Singa Putih itu. Dari NATAS, ITB Asia, ADEX, sampai berbagai festival yang dilangsungkan di banyak lokasi di Singapura.

Menurut Menteri Industri and Trade Singapore, Mr Lim Hng Kiang, pariwisata adalah sektor yg dapat menjadi contoh kerjasama yg saling menguntungkan bagi kedua negara. Dan pariwisata memberikan multiplier effect yg sangat besar bagi pertumbuhan ekonomi kedua negara.

“Singapore juga melihat pemberian Visa free kepada 169 negara juga sebagai kebijakan yang sangat tepat, dan akan meningkatkan kunjungan wisatawan asing melalui Singapore. Singapore berharap dapat disepakati MoU on Tourism dan MoU on Cruise Tourism sehingga dapat ditandatangani pada saat leaders meeting yg rencananya akan dilaksanakan Agustus 2016 di Indonesia,” kata Asdep ASEAN, Rizky Handayani Mustafa.

Menko Perekonomian RI, Darmin Nasution menyambut positif atas respons Singapura dalam kerjasama bidang ekonomi tersebut. Dia menjelaskan bahwa Indonesia akan mengembangkan 10 Bali Baru, untuk menunjuang kerjasama yang sudah berlangsung baik selama ini.

“Kami yakin kerjasama pariwisata ini akan menguntungkan kedua belah pihak,” katanya.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge