0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Google Doodle Rayakan Ulang Tahun Ke-117 Lotte Reiniger

Dok: Timlo.net/ The Telegraph.
Lotte Reiniger. (Dok: Timlo.net/ The Telegraph.)

Timlo.net—Google merayakan hari ulang tahun ke-117 Lotte Reiniger, pembuat film Jerman yang membawa seni siluet boneka dari Asia ke dalam perfilman Eropa.

Lahir di wilayah Charlottenburg, Berlin, Jerman pada 1899 Reiniger mulai bereksperimen dengan pertunjukkan boneka bayangan saat dia masih sekolah. Dia membuat siluet bayangan dari drama Shakespeare untuk menghibur teman-teman sekolahnya.

Awalnya dia ingin menjadi seorang aktris, dan belajar dengan Max Rheinhardt di the Deutsches Theater Berlin sebelum akhirnya fokus sebagai seorang animator. Dia membuat sekitar 60 film animasi antara 1910-an hingga 1970an. Hanya 40 film yang berhasil disimpan.

Salah satu karya awalnya, versi cerita Cinderella digambarkan oleh Dan North dari Spectacular Attractions sebagai karya yang menggunggah dan mengasyikkan.

“Tidak ada seorang pun yang menggambarkan bentuk animasi seperti dia. Bagian pembukaan, di mana gunting memotong sang tokoh utama, membentuknya dari bahan mentah, menunjukkan jika cerita itu dibuat dan merupakan karyanya,” tulis Dan.

Reiniger biasanya membuat karya dari cerita dongeng Eropa dan legenda rakyat seperti Cinderella, Sleeping Beauty, Puss in Boots, The Frog Prince dan Hansel and Gretel.

Film animasi berdurasi panjang yang dibuat adalah The Adventures of Prince Achmed dikerjakan selama 3 tahun dan dirilis pada 1926. Film itu adalah film animasi pertama di dunia dengan durasi panjang.

Reiniger meninggalkan Jerman setelah Nazi berkuasa. “Saya tidak suka segala sesuatu yang berhubungan dengan Hitler dan karena saya memiliki banyak teman Yahudi yang saya tidak lagi diperbolehkan menyebut mereka sebagai teman,” terangnya kemudian.

Dia akhirnya tinggal di Inggris dengan suaminya Carl Koch. Mereka menjadi warga negara Inggris dan mendirikan Primrose Productions. Dengan perusahaannya itu dia memproduksi sejumlah program untuk BBC.

Setelah berhenti berkarya selama 10 tahun pasca kematian suaminya pada 1963, dia memproduksi dua film Aucassin and Nicolette pada 1975 dan The Rose and the Ringin pada 1979. Dia meninggal di Dettenhausen, Jerman pada 19 Juni 1981 di usia 82.

Sumber: The Telegraph.

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge