0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Siswa SMA Harus Mulai Tentukan Besok akan Jadi Apa

dok.timlo.net/ichsan rosyid
Keluarga Alumni SMA Negeri 1 Solo (Kasmaji) '96 mengadakan kelas sharing di Aula SMA Negeri 1 Surakarta yang diikuti siswa-siswi SMAN 1 Solo, Rabu (2/6) (dok.timlo.net/ichsan rosyid)

Solo — Masa SMA menjadi titik krusial dalam hidup banyak orang. Di masa tersebut bisa dibilang seseorang mulai menemukan jati dirinya sehingga menetapkan tujuan di masa-masa itu dianggap penting. Demikian menurut alumnus SMAN 1 Solo, Decky Suprapto, dalam acara Kelas Sharing yang digelar di Aula SMAN 1 Solo, Rabu (1/6).

“Sebaiknya adik-adik sekarang mulai menentukan, besok akan jadi seperti apa,” kata Decky di hadapan para siswa SMAN 1 Solo.

Untuk  memberikan gambaran kepada peserta, ia menceritakan perjalanannya sejak lulus SMA sampai menjadi pengusaha sukses seperti sekarang. Tidak mulus, karirnya sempat diwarnai kegagalan hingga bangkrut. Namun kemauannya yang keras akhirnya terbayar.

Dalam kegiatan tersebut, alumnus lain, Andhika Harya Pratama juga memberikan saran menghadapi orang tua yang punya kemauan lain dari anaknya. Ia menyarankan, kebanyakan orang tua hanya butuh penjelasan dari anak. Hanya saja ia mewanti-wanti agar dalam penyampaiannya, anak tetap memperhatikan norma kesopanan.

“Berbeda pendapat boleh. Tapi tidak boleh kurang ajar. Waktu menyampaikan kepada orang tua tetap harus dijaga bahasanya. Tidak boleh pakai nada tinggi,” tutur praktisi pengembangan Sumber Daya Manusia itu.

Kegiatan Kelas Sharing sendiri merupakan rangkaian kegiatan reuni 20 tahun Keluarga Alumni SMA Negeri 1 (Kasmaji) 1996. Acara tersebut diharapkan dapat menginspirasi siswa-siswi yang bersekolah di SMA 1 agar memiliki cita-cita kuat dan berusaha mencapainya.

Panitia mendatangkan pembicara dari alumni SMA 1 Surakarta yang telah sukses meniti karir masing-masing. Selain dua pembicara di atas, Desainer Lurik, Indrias Senthir; aktivis sosial, Danny Setyawan; dan desainer muda, Decky Djojokartiko juga turut menjadi pembicara.

“Selain kelas sharing ini, kita juga mengadakan sowan guru dan kepala sekolah sepanjang Bulan Juni. Besok Minggu (12 dan 26 Juni)ada bakti sosial kesehatan berupa penyuluhan dan pengobatan gratis di Sangkrah dan Pringgading. Dan puncaknya di temu kangen alumni tanggal 9 Juni besok,” urai Ketua Panitia Reuni SMAN 1 Solo Anas Farkhani.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge