0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Hari Ini, Anggota TNI Peringati Hari Lahir Pancasila

Upacara peringatan hari kelahiran Pancasila (timlo.net/putra kurniawan)

Sukoharjo — Komando Distrik Militer (Kodim) 0726 menggelar Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Halaman Makodim yang diikuti seluruh anggota jajaran. Upacara ini sebagai bentuk penghormatan kepada para pendiri bangsa dan meneguhkan hati terhadap eksistensi Pancasila.

“Pacasila yang kita pahami saat ini, sebelum lahir telah melalui proses perumusan dari kurun waktu 28 Mei 1945 sampai dengan 1 Juni 1945. Tiga tokoh besar nasional merusmuskan dasar negara jika lepas dari penjajahan Belanda dan lahirlah Pancasila,” kata Kepala Staff Kodim, Mayor Inf Nunung Wahyu Nugroho, Rabu (1/6).

Pada 1 Juni 1945 Bung Karno menyampaikan gagasan dasar negara dalam sidang Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI). Bung Karno saat itu menamainya Pancasila dan sekaligus menjadi titik awal diakuinya sebagai dasar negara, sehingga 1 Juni dijadikan sebagai hari lahir Pancasila.

Upacara peringatan HUT Pancasila ini diikuti seluruh anggota TNI dari Kodim dan seluruh jajaran untuk yang ertama kalinya. Pasalnya, Pemerintah Indonesia di bawah Kepemimpinan Presiden Joko Widodo baru menetapkan 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila sehari sebelumnya.

“Upacara kali ini untuk memperingati hari lahir Pancasila yang kemarin ditetpkan pemerintah pada hari ini dan juga sebagai hari besar nasional dan libur nasional,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge