0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Bupati : Kaum Difabel Jangan Berkecil Hati

timlo.net/tarmuji
Bupati Wonogiri Joko Sutopo saat berbaur dengan kaum difabel Wonogiri di Pendopo Rumdin Bupati (timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Pemkab Wonogiri mengakui jika selama ini, anggaran untuk kaum difabel terhitung rendah. Bahkan sangat minim, namun di 2016, pada APBD Perubahan, Pemkab bakal mengalokasikan dana Rp 350 juta untuk kaum difabel.

“Anggaran tersebut akan dipergunakan untuk membangun eksistensi keluarga besar difabel,” ujar Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, Rabu (1/6).

Dana tersebut nantinya akan disalurkan melalui Dinas Sosial sebesar Rp 200 Juta dan Disbudparpora sebesar Rp 150 juta. Dana yang diberikan melalui Dinsos akan digunakan untuk membantu difabel, seperti memberikan peralatan kursi roda dan kebutuhan-kebutuhan lainnya. Adapun dana yang diberikan melalui Disbupdparpora akan digunakan untuk mendukung atlet-atlet dari kalangan difabel.

“Kaum difabel jangan berkecil hati, kami juga menganggarkan Rp 2 Miliar untuk beasiswa bagi murid berprestasi yang berasal dari keluarga tidak mampu, dan anak-anak mereka yang berprestasi,” jelasnya.

Kepala Dinsos Wonogiri, Suwartono mengatakan, jumlah difabel yang terdata di kabupaten tersebut selama ini sebanyak 13.115 orang. Meski demikian, diperkirakan ada sekitar 6.000 orang difabel lagi yang belum terdata. Masih ada stigma di masyarakat bahwa difabel merupakan beban, sehingga banyak keluarga malu menunjukkan anggotanya yang menyandang difabel.

“Dalam waktu dekat ini kita akan lakukan pemutakhiran data Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS). Mulai Juni-Agustus mendatang dilakukan tahap verifikasi dan validasi. Kemudian, rekapitulasi data tingkat kecamatan dimulai September. Input data tingkat kabupaten pada Oktober-November. Selanjutnya, evaluasi dan pelaporan data dilakukan pada Desember mendatang,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge