0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

DKK Wonogiri: 193 Desa Masih BAB Sembarangan

dok.timlo.net/red
Ilustrasi (dok.timlo.net/red)

Wonogiri — Pemkab Wonogiri mentargetkan di 2017 mendatang, semua desa dan kelurahan bebas Buang Air Besar (BAB) sembarangan.

“Di Wonogiri ada 294 desa dan kelurahan tersebar di 25 kecamatan. Namun baru ada 101 desa dan kelurahan yang dinyatakan open defecation free (ODF) atau tidak menerapkan pola BAB sembarangan, sedang 193 desa dan kelurahan masih BAB sembarangan,” ujar Pelaksana Tugas( Plt) Kepala DKK Wonogiri, Bambang Haryadi ,Rabu (1/6).

Namun begitu, desa dan kelurahan belum bebas BAB sembarangan namun secara kuantitas mengalami peningkatan, dimana tahun sebelumnya baru sekitar 90-an yang bebas BAB sembarangan. Namun kini mengalami peningkatan sekitar 20 persen.

“Saat ini masyarakat mulai sadar soal sanitasi, termasuk meningkatkan kualitas hidup sehat, namun masih perlu ditingkatkan,” katanya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Wonogiri Suharno menegaskan, komitmen Wonogiri adalah semua desa dan keluarahan harus bebas BAB sembarangan. Target akan hal itu menurutnya harus tercapai 2017 mendatang.

“Yang terang masyarakat harus merubah perilaku hidup dan lebih peduli lingkungan, itu yang terpenting,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge