0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pakai Obat Herbal Untuk Sembuhkan Kanker Kulit, Hidung Wanita Ini Melepuh

Dok: Timlo.net/ Mirror.co.uk.
Salep hitam. (Dok: Timlo.net/ Mirror.co.uk.)

Timlo.net—Seorang wanita menceritakan pengalaman buruknya memakai obat herbal. Obat berbentuk salep diyakini bisa menyembuhkan kanker kulit. Tapi bukannya sembuh, dia justru menderita luka-luka mengerikan termasuk sebuah lubang besar di ujung hidungnya.

Wanita tersebut mengoleskan salep hitam ke wajah dan dahinya. Tapi pengobatan itu justru menimbulkan petaka dalam beberapa hari saat koreng hijau muncul akibat dari salep yang menggerogoti kulitnya. Kerusakannya yang dialami wanita itu menjadi parah sehingga ada lubang di besar di hidungnya. Dia bahkan bisa menghirup udara dari lubang itu.

Sang wanita itu membagikan kisahnya dalam sebuah video yang diupload di akun YouTube “World’s Greatest Medical”. Video ini telah ditonton lebih dari 3,5 juta orang. Salep hitam ini rupanya sering digunakan sejak 1990-an untuk mengobati luka dan tahi lalat.

Tapi Food and Drug Administration di Amerika memasukkan salep itu ke dalam daftar obat perawatan kanker kulit palsu dan mencoba mencekal peredarannya saat ini. “Tentunya, seperti yang Anda bisa bayangkan, saya merasa muak dan ketakutan dengan apa yang saya alami—jika salep itu menembus hidung saya hingga ke saluran pernafasan,” kata sang wanita.

Dr. Erin McMeniman, seorang ahli kulit di Brisbane berkata kepada Mail Online, “Saya pikir salep hitam ini digunakan lebih sering dari yang kita sadari. Para pasien seringkali merahasiakan dari mana mereka memperolehnya, tapi dokter kulit seringkali melihat kasus di mana salep itu menimbulkan efek samping yang besar. Seringkali tumor yang ada tidak dirawat dengan baik dan 12 bulan kemudian, tumor itu tumbuh di bawah luka yang dihasilkan cancema (salep hitam) itu,”

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge