0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Parkir Liar Depan Robinson Tak Kunjung Ditindak, Ada Apa?

foto: Rosyid
Parkir liar muncul di Jalan Transito setelah Robinson resmi dibuka Jumat (27/5) (foto: Rosyid)

Solo — Parkir liar on street di depan Robinson Department Store, Purwosari, Solo telah beroperasi sejak hari pertama toko tersebut dibuka, Jumat (27/5). Namun hingga saat ini, belum ada tindakan konkrit dari pihak Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Perparkiran Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Solo terhadap operator parkir tak berizin itu.

“Sesuai instruksi Kepala Dishubkominfo, kami akan bicarakan dulu dengan pengelola Robinson dan hotel, serta pihak-pihak yang berkepentingan,” kata Kepala UPTD Perparkiran Dishubkominfo Solo, M Usman ketika dihubungi melalui telepon, Rabu (1/6).

Ia beralasan, penertiban sepihak dari UPTD Perparkiran tidak akan menyelasaikan masalah. Sayangnya, ia tidak menjelaskan lebih lanjut maksud pernyataannya itu. Padahal, beberapa saat sebelumnya, terdengar kabar UPTD Perparkiran akan merazia parkir liar di lokasi tersebut.

Seperti diberitakan sebelumnya, parkir liar di depan Robinson itu dikhawatirkan memperparah kemacetan lalu lintas di kawasan Purwosari yang sudah sangat padat. Rambu larangan parkir yang dipasang Dishubkominfo di dua titik di depan toko pun tak dihiraukan para pengelola parkir liar itu.

Usman berkilah, pihaknya belum bisa menindak parkir liar berdasarkan adanya rambu larangan itu. Pasalnya, rambu tersebut baru beberapa hari dipasang. Sementara, merujuk pasal 31 Peraturan Pemerintah No 43/1993, rambu lalu lintas baru memiliki kekuatan hukum setelah 30 masa sosialisasi terhitung sejak pemasangan.

Terpisah, Kepala Dishubkominfo Solo Yosca Herman Sudrajat justru berniat akan menindak tegas parkir liar tersebut. Ia khawatir bila dibiarkan maka pengelola parkir akan semakin sulit diatur.

“Pengalaman yang sudah-sudah kan seperti itu. Kalau tidak segera ditegasi nanti sulit dikendalikan,” tegasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge