0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Diprediksi Penukaran Uang Pecahan Kecil Meningkat

Setyo Pujis
Bandoe Widiarto (Setyo Pujis)

Solo – Kebutuhan masyarakat untuk penukaran uang pecahan kecil pada saat Lebaran nanti diprediksi meningkat dari tahun lalu. Untuk mengantisipasi hal itu, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo akan membuat aturan, agar alokasi dana yang disediakan bisa merata.

“Dari survei dan analisa kita dengan sejumlah bank, untuk kebutuhan penukaran uang pecahan kecil pada tahun ini meningkat kisaran 18-20 persen jika dibanding tahun lalu,” ujar Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo, Bandoe Widiarto kepada wartawan, Selasa (31/5).

Untuk mengantisipasi itu, BI Solo akan menambah alokasi dana khususnya untuk uang pecahan kecil. Selain itu, juga akan membuat aturan penukaran agar alokasi dana yang telah disediakan bisa merata.

“Untuk aturannya seperti apa, saat ini masih kita bahas. Karena kalau tidak diatur, ketakutan kita justru nanti tidak akan tepat sasaran. Atau bahkan malah dimanfaatkan oleh calo yang ingin mengambil kesempatan,” jelasnya.

Untuk pelayanan penukaran uang pecahan kecil, Bandoe menyampaikan akan dibuka pada 7-30 Juni 2016. Agar dapat memaksimalkan pelayanan, pihaknya juga akan melibatkan semua perbankan agar dapat melakukan penyaluran.

“Bahkan untuk BPR nantinya juga bisa bekerjasama dengan salah satu bank, jika ingin turut serta memberikan pelayanan,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge