0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Rutan Resmikan Gugus Depan Pramuka

Wawali Solo Achmad Purnomo (dua dari kiri) meresmikan gudep pramuka rutan Solo (timlo.net/heru murdhani)

Solo — Gerakan Kepanduan atau Kepramukaan dipandang merupakan cara efektif untuk mendidik manusia menjadi disiplin. Demikian yang digagas oleh Kepala Rumah Tahanan (Rutan) Klas 1A Solo Oga Geoffani Darmawan. Hal itu direalisasikan dengan peresmian Gugus Depan Pramuka di dalam lembaga itu, oleh Wakil Walikota Solo, Ahmad Purnomo, Selasa (31/5).

“Gerakan kepramukaan adalah gerakan yang mengedepankan pemuda yang berkarya dengan disiplin, hal ini kita pandang cocok untuk diadopsi sebagai salah satu pendidikan kemasyarakatan bagi warga binaan kami didalam rutan,” ungkap Oga.

Oga mengatakan, kegiatan kepramukaan yang ada di Rutan, akan mengedepankan kedisiplinan, perbaikan sikap, dan pendidikan kewarganegaraan. Meski demikian, warga binaan yang menjadi anggota Pramuka tetap akan dilatih dengan semangat kepanduan yang selalu gembira.

Tak ketinggalan keterampilan sebagai bekal mereka setelah keluar dari Rutan juga akan diperdalam, dengan mendatangkan pelatih dari Kwartir Cabang Solo.

“Kami mengharapkan Pramuka ini jika sudah keluar, bisa terus bersikap disiplin dan tidak mengulangi kesalahannya. Karenanya kita beri pendampingan skil juga,” papar Oga.

Oga menerangkan, ada 23 anggota pramuka yang berasal dari warga binaan. Diantaranya adalah 20 orang satuan putra, dan 3 orang satuan putri.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Walikota Solo, Ahmad Purnomo juga melantik keanggotaan Majelis Pembina Gugus Depan (Mabigus) yang terdiri dari petugas Rutan.

“Sangat baik sekali terobosan ini, Pramuka memang selalu identik dengan manusia yang berkarya dengan ulet dan disiplin tinggi. Saya kira ini bisa digunakan untuk mendidik warga binaan,” kata dia.

Gudep baru ini juga telah memiliki ruangan sanggar yang cukup memadai yakni di Blok C Rutan Solo. Jika ada kesempatan, anggota Pramuka ini juga bisa diikutkan pada jambore daerah, atau jambore nasional.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge