0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pembangunan Sky Bridge Dimulai, Terminal Tirtonadi Gelar Slametan

timlo.net/ichsan rosyid
(timlo.net/ichsan rosyid)

Solo — Pembangunan jembatan layang (sky bridge) yang menghubungkan Terminal Tirtonadi dan Stasiun Balapan resmi dimulai, Selasa(31/5). Dimulainya proyek senilai Rp 22 Miliar itu ditandai dengan diadakannya acara Slametan tepat di pintu sky bridge di lantai dua terminal.

“Lelang dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Darat ,” kata Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informsai (Dishubkominfo) Solo, Yosca Herman Sudrajat, di sela-sela acara.

Surat Perintah Kerja sebenarnya sudah terbit sejak seminggu yang lalu. Namun pemenang lelang yaitu PT Karsa Bayu memerlukan waktu untuk persiapan sehingga pengerjaan baru bisa dimulai pekan ini.

Terkait pelaksanaan kegiatan Slametan, Yosca menerangkan, kegiatan tersebut sudah menjadi tradisi Terminal yang dibangun di atas tanah milik Mangkunegaran itu. Dengan kegiatan tersebut, diharapkan pelaksanaan pembangunan tidak terkendala dan dapat berjalan lancar.

“Terlebih lagi, ini merupakan sky bridge yang pertama kali dibangun di Indonesia,” kata dia.

Jembatan layang sepanjang 360 Meter itu rencananya akan melewati jalan kampung dan sebagian jalan kota. Mendekati Stasiun Balapan, sky bridge akan melintas di atas dua rumah milik warga. Tinggi jembatan mencapai 5 Meter, dengan lebar jembatan 3 Meter.

Recananya, satu meter lebar jembatan akan digunakan untuk lapak pedagang oleh-oleh khas Solo, khususnya hasil produksi warga sekitar terminal. Sisanya, selebar 2 Meter dimanfaatkan untuk pejalan kaki yang ingin berpindah moda transportasi dari kereta ke bus atau sebaliknya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge