0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ramadan, Jam Kerja PNS Berkurang Satu Jam

dok.merdeka.com
Pegawai Negeri Sipil (PNS) (dok.merdeka.com)

Karanganyar — Jam kerja pegawai negeri sipil (PNS) di Kabupaten Karanganyar berkurang satu jam selama Ramadan. Pada hari biasa PNS bekerja selama 7,5 jam per hari namun selama Ramadan menjadi 6,5 jam per hari.

“Kita sudah edarkan surat yang ditandatangani Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Karanganyar. Surat tentang pengaturan cuti tahunan keperluan nyadran dan penetapan jam kerja bulan Ramadan tahun 2016, Total 32,5 jam selama satu pekan,” kata Siswanto, Selasa (31/5).

Hal itu sesuai kajian perhitungan jumlah jam kerja PNS oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Pemkab mengatur PNS masuk kerja pukul 07.45 WIB hingga pukul 15.00 WIB pada Senin-Kamis sedangkan pada Jumat mulai pukul 07.45 WIB hingga 11.15 WIB.

“Biasanya 37,5 jam selama satu pekan. Senin sampai Kamis itu tanpa istirahat. Kami sudah mengedarkan surat dan menyosialisasikan kebijakan itu,” kata Siswanto,

Siswanto menyampaikan pengurangan jam kerja selama Ramadan tidak akan mengurangi kualitas pelayanan secara signifikan. Kebijakan itu diambil untuk menghormati PNS yang menjalankan ibadah selama Ramadan. Meski demikian, BKD akan tetap mengawasi kinerja PNS selama Ramadan.

“Kalau pengawasan tetap ada. Tetapi ya rahasia. Itu ranah saya lah. Pengawasan jam masuk dan pulang. Intinya pengurangan jam kerja selama Ramadan tidak akan menurunkan kinerja dan mengurangi pelayanan,” tutur dia.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge