0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sukhoi dan F-16 Mengudara, Gantikan Peran F-5

Sukhoi dan F-16 kawal pesawat kepresidenan (merdeka.com)

Timlo.net – Penerbang pesawat tempur F-5 saat ini sedang dilatih untuk menerbangkan jet tempur jenis Sukhoi dan F-16. Pesawat tempur F-5 Tiger sendiri akan segera mengakhiri pengabdiannya dalam memperkuat alutsista Indonesia setelah mengabdi sejak tahun 1980-an.

“Para penerbangnya (F-5) masih ada. Kita latih mereka juga untuk (penerbangan) pesawat Sukhoi dan F-16, pengganti F-5,” kata Kepala Satuan Angkatan Udara (Kasau) Marsekal Agus Supriatna, Selasa (31/5).

Meski demikian, Agus enggan menanggapi apakah para pilot F-5 tersebut resmi pindah ke Sukhoi atau tidak. Yang pasti mereka para pilot saat ini statusnya masih bekerja.

“Pokoknya untuk pilotnya sementara pindah untuk melaksanakan konversi untuk di pesawat yang akan digunakan berikutnya,” jelas Agus.

“Dan mengenai pergantian F-5 ini, kami melihat situasi, kondisi, dan rundown yang akan berlangsung,” jelas dia.

Untuk diketahui, pesawat tempur F-5 Tiger sendiri dibeli Indonesia dari Amerika Serikat di akhir dekade 1970-an. Ketika itu Indonesia membeli 16 unit pesawat tempur ini yang terdiri dari 12 unit F-5 E Tiger II yang merupakan varian kursi tunggal dan 4 unit F-5 F Tiger II yang merupakan varian kursi ganda.

Indonesia pertama kali menerima pesawat tempur buatan Amerika ini pada tanggal 21 April 1980 di Lanud Iswahyudi, Madiun.

Sedangkan pesawat tempur F-16 adalah jet tempur multi-peran supersonik yang dikembangkan oleh General Dynamics (lalu di akuisisi oleh Lockheed Martin), untuk Angkatan Udara Amerika Serikat. Pesawat ini awalnya dirancang sebagai pesawat tempur superioritas udara namun akhirnya berevolusi menjadi pesawat tempur multi-peran yang sangat populer.

[sho]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge