0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ini Hasil Operasi Patuh yang Digelar Polres Sragen

dok.timlo.net/agung widodo
Operasi Patuh Candi 2016 (dok.timlo.net/agung widodo)

Sragen – Selama Operasi Patuh Candi 2016 di wilayah Polres Sragen, terjadi pelanggaran yang cukup signifikan, yaitu sebanyak 1.778 pelanggar oleh pengguna jalan. Selain itu jumlah kecelakaan lalu lintas meningkat dibanding tahun sebelumnya.

“Pelanggaran didominasi kendaraan roda dua. Rata-rata adalah para pelajar yang tak punya SIM (Surat Izin Mengemudi),” kata KBO Satlantas Polres Sragen Iptu Mashadi mewakili Kasatlantas AKP Sukmawati, Selasa (31/5).

Dijelaskan, dari data Satlantas Polres Sragen, selama berlangsungya Operasi Patuh yang digelar dari tanggal 16-29 Mei, terdapat total pelanggaran sebanyak 1.778 pelanggar. Dengan rincian 1.100 penindakan tilang dan 678 teguran.

Mashadi mengungkapkan, selama Operasi Patuh juga terjadi  kecelakaan lalu lintas sebanyak 31 kasus di Kawasan Tertib lalu Lintas (KTL). Angka ini meningkat disbanding tahun lalu (2015) yang mencapai 16 kecelakaan.

Laka lantas ini pun didominasi oleh kalangan pelajar. Yaitu sebanyak 9 pelajar mengalami kecelakaan di KTL. Sedangkan laka itu terjadi karena faktor human eror dan kondisi jalan. Sebenarnya masih banyak kasus kecelakaan yang terjadi selama operasi patuh, tapi memang tidak didata dalam rekap Operasi Patuh.

“Yang kita data hanya kecelakaan di kawasan tertib lalu lintas. Di luar itu juga didata, namun tidak masuk dalam data operasi patuh,” jelas Iptu Mashadi.

Sementara terkait pelanggaran lalu lintas di kalangan pelajar, Mashadi menyebut lantaran mereka belum memiliki SIM. Jumlahnya cukup signifikan, yaitu sekitar 600 orang.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge