0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kades Bantah Selewengkan Dana APBDes

timlo.net/tarmuji
Tim penyidik Kejari Wonogiri menyita dokumen asli realisasi APBDes Songbledeg (timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Semua tudingan yang dilontarkan Kejari Wonogiri terkait penyelewengan  APBDes 2013-2015 dibantah tegas oleh Kades Songbledeg, Sutoto. Dirinya  mengklaim jika pengelolaan anggaran, sudah sesuai prosedur.

“Anggaran itu sudah semua saya realisasikan dengan bentuk kegiatan fisik, tapi memang ada beberapa anggaran kegiatan yang tidak bisa dilaksanakan secara penuh,” jelas Sutoto, Senin (30/5).

Dia menyebut, tidak mungkin anggaran yang sudah dialokasikan bisa terealisasi 100 persen. Dia mencontohkan anggaran pembangunan talut Rp10 juta. Ia memastikan anggaran itu tidak bisa dibelanjakan semuanya.

“Misalnya yang dimasalahkan RAB, kami tidak tahu menahu soal RAB. Soalnya yang membuat DPU, kami tinggal melaksanakan saja,” katanya.

Bahkan dia menampik tudingan yang menyatakan jika dirinya mengelola anggaran sendiri tanpa melibatkan perangkat desa. Sejak penggaran hingga realisasi kegiatan pasti melalui forum musyawarah, utamanya dengan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan perangkat desa lainnya. Dia juga dengan tegas menolak jika dirinya memalsukan tanda tangan SPj.

“Mana mungkin dana dari Pemkab bisa cair, kalau tidak ada persetujuan dari mereka. Apalagi di tingkat desa, kalau tidak rapat mana mungkin ada tanda tangan mereka, di dalam penetapan APBDes juga ada tanda tangan mereka kok,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge