0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tim Penyidik Kejari Sita Dokumen Asli Dana Desa Songbledeg

Tim penyidik Kejari Wonogiri menyita dokumen asli realisasi APBDes Songbledeg (timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Penyidik Kejari dan Inspektorat Wonogiri menyita sejumlah dokumen asli terkait realisasi APBDes 2013 hingga 2015 di kantor Desa Songbledeg Kecamatan Paranggupito, Senin (30/5). Penyidikan Kejari ini dilakukan lantaran sudah mengarah kepada pihak yang bertanggungjawab atas tindak pidana korupsi.

“Kita menyita belasan dokumen asli terkait realisasi APBDes, berkas dokumen ini nanti sebagai pembuktian adanya unsur korupsi yang terjadi di desa setempat,” ungkap Kasie Pidsus Kejari Wonogiri, Hafidz Muhyidin.

Hal tersebut dilakukan menyusul adanya gelar ekspose khusus antara Kejari dan Inspektorat. Berdasar penghitungan, kerugian negara akibat korupsi APBDes Songbledeg 2013-2015 mencapai Rp 416 juta. Kerugian negara timbul akibat realisasi anggaran yang tidak dilaksanakan sepenuhnya, sehingga terdapat sisa anggaran yang tidak dapat dipertanggungjawabkan. Hafidz menyebut, jika dalam pemeriksaan saksi, Kades Songbledeg diketahui mengelola anggaran sendiri bahkan diduga memalsukan tanda tangan SPj.

“Kita belum menetapkan siapa yang bersalah dan bertanggungjawab dalam kasus ini. Nanti penyidik masih akan menggelar ekspose hasil penyitaan terlebih dahulu. Untuk tersangkanya memang sudah ada, tapi kita belum berani menyebutkan karena kita masih menunggu penetapan tersangka secara resmi,” jelasnya.

Sementara dalam proses penyitaan dokumen di kantor Desa Songbledeg berjalan lancar. Perangkat desa dan Kades bersikap kooperatif.

Ketua Tim Audit Investigasi Inspektorat, Sigit Prasetyo mengatakan, penghitungan kerugian negara berdasar penghitungan fisik atau hasil realisasi kegiatan. Diketahui ada anggaran APBDes Songbledeg yang sudah dialokasikan untuk kegiatan tertentu tetapi tidak direalisasikan. Bahkan ada pula pengurangan material bangunan, sehingga material yang direalisasikan tidak sesuai dengan alokasi awal.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge