0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kabupaten Ini Masih Jauh Layak Anak

timlo.net/tarmuji
Bupati Wonogiri Joko Sutopo (timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Tingginya angka kekerasan terhadap anak di bawah umur menjadi tolok ukur dimana Wonogiri belum mampu menjadi kota layak anak. Seperti apa yang sudah dideklarasikan kabupaten ini pada tahun 2012 silam tentang kota yang layak anak.

“Harapan untuk Wonogiri menjadi satu wilayah yang layak anak masih sangat jauh. Perlu semua pihak untuk mewujudkannya, bukan hanya BKBKSPP, Dinas Pendidikan, semua pihak harus aktif,” ujar Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, Senin (30/5).

Sehingga, diharapkan adanya satu komitmen semua stakehokder untuk menuju Wonogiri yang layak anak. Dirinya berharap, komitmen ini bukan hanya seremonial, namun perlu bukti yang konkrit dan real.

Dikatakan, 80 persen kasus terkait Undang-undang perlindungan anak didasari atas faktor suka sama suka. Jika dasarnya suka sama suka, artinya harus ada metode lain untuk menanganinya.

“Apakah semua kasus kekerasan anak harus diselesaikan secara pidana? Saya pikir ini masalah egosentrisme, egoisme dari para orang tua. Harus ada metode lain dari penegakan hukum ini,” katanya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge