0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Proyek Plasa Manahan Kembali Dikerjakan

timlo.net/achmad khalik
Plasa Manahan (timlo.net/achmad khalik)

Solo – Proyek Pembangunan Plasa Manahan kembali dikerjakan setelah penandatanganan MoU dengan pihak pelaksana, Senin (30/5) siang. Rencananya, Plasa Manahan akan dilengkapi dengan patung Sang Proklamator, Ir Soekarno dan ditarget rampung akhir Oktober mendatang.

“Dengan penandatanganan MoU ini, pelaksanaan proyek Plasa Manahan tahap II resmi berjalan,” terang Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Solo, Hasta Gunawan, Senin (30/5).

Tercatat, dalam pembangunan Plasa Manahan tahap II ini menghabiskan dana sebesar Rp 4,7 Miliar yang bersumber dari dana APBD. Termasuk pengadaaan patung perunggu Sang Proklamator.

“Nanti, patung Ir Sukarno dalam posisi duduk sambil membaca buku. Terbuat dari perunggu dengan tinggi sekitar tiga meter,” terang Hasta.

Disinggung terkait detail pembangunan tahap II Plasa Manahan tersebut, Hasta menjelaskan, total luas Plasa Manahan sekitar 3,000 meter persegi. Di bagian lantai Plasa Manahan, akan dipasang batu alam jenis andesit lantaran dinilai lebih kuat dan memiliki unsur estetika yang tinggi. Tak hanya itu, di bagian background taman juga akan dihias dengan bentuk warna hijau sehingga akan menimbulkan kesan ramah lingkungan. Meski begitu, jika pengerjaan tahap II ini belum rampung sepenuhnya, akan dilanjutkan kembali pembangunan Plasa Manahan III. Namun, khusus untuk proses finishing.

“Berdasarkan desain yang kami terima, lapisan lantai Plasa Manahan seluas 3.000 meter persegi akan dipasangi batu alam jenis andesit,” terang Hasta.

Dirinya berharap, pembangunan Plasa Manahan yang mulai dikerjakan hari ini dapat selesai tepat waktu. Dengan begitu, masyarakat dapat memanfaatkan tempat tersebut sebagai salah satu destinasi wisata di Kota Solo.

“Sekaligus, juga sebagai ikon di Kota Solo,” katanya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge