0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Warga Bantaran Kali Pepe Bongkar Rumah Masing-Masing

Seorang pemilik rumah tengah menunggui rumahnya yang tengah dibongkar ()

Solo — Sebanyak delapan hunian di bantaran Kali Pepe belakang Pura Mangkunegaran yang akan dibangun rumah deret mulai dibongkar. Penghuni mulai membongkar bagian atap, pintu, dan kusen jendela yang masih bisa dipakai kembali menyisakan puing-puing bangunan berupa tembok, Senin (30/5).

“Kita hanya bongkar bagian atas saja, yang masih bisa dipakai. Tembok-tembok ini nanti yang mebongkar dari Dinas Pekerjaan Umum pakai alat berat,” kata salah satu warga setempat, Basit di sela-sela kesibukannya membongkar rumah.

Selain membongkar rumah masing-masing, para penghuni juga memindahkan barang dagangan berupa tanaman. Tanaman-tanaman tersebut dipindahkan ke tempat tinggal sementara masing-masing pemilik rumah. Sebagian warga mengaku mengontrak rumah di daerah Mojosongo, atau di Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Jurug selama hunian mereka dibangun menjadi rumah deret. Sebagian lain mengungsi di rumah keluarga.

“Kebetulan keluarga saya ada jatah di rumah deret yang sebelah Timur jembatan. Saya tinggal di situ sementara ini dibangun,” tambahnya.

Basit termasuk beruntung lantaran masih bisa berjualan tanaman di hunian sementara yang ia tempati. Hal yang berbeda dialami Widodo, salah satu warga yang mengontrak rumah di Mojosongo. Ia mengaku kesulitan berjualan karena tempat lokasi kontrakannya itu kurang representatif.

“Entah nanti bagaimana. Mau keliling jualan bunga pakai mobil atau bagaimana juga belum tahu,” keluhnya.

Meski keberatan, Widodo dan Basit tak kuasa menolak rencana Pemerintah Kota Solo untuk membangun rumah deret di atas lahan tempat tinggal mereka. Pasalnya, delapan hunian tersebut tidak bersertifikat sehingga dianggap hunian liar.

Pembangunan rumah deret sendiri ditargetkan rampung akhir tahun ini. Setelah selesai dibangun, rumah deret tersebut akan ditempati oleh delapan keluarga yang menempati lahan itu sebelumnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge