0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

2090 Pelanggar Lalu Lintas Ditilang, 15 Pembalap Liar Ditangkap

Operasi Patuh Candi (timlo.net/agung widodo)

Sukoharjo — Satuan Lalu Lintas Polres Sukoharjo berhasil menindak 2.090 pelanggaran lalu lintas yang didominasi pelajar selama Operasi Patuh Candi 2016. Selain itu petugas juga melakukan teguran kepada 1.254 pengendara karena melakukan pelanggaran ringan.

“Selama 14 hari pelaksanaan Operasi Patuh Candi 2016, kami berhasil melaukan tindakan langsung kepada 2.090 pelanggaran lalulintas yang berpotensi menimbulkan Lakalantas. dari jumlah ini didominasi usia antara 15-20 tahun yang semuanya pelajar,” kata Kasat Lantas Polres Sukoharjo, AKP Finan Sukma Radipta, Senin (30/5).

Pelanggaran paling banyak masih dilakukan pelajar yang tidak memiliki Surat Ijin Mengemudi (SIM) sebanyak 966 orang, disusul pelanggaran persyaratan teknis dan kelaikan jalan sebanyak 254 kasus. Selain itu di hari-hari terkahir pelaksanaan Operasi Patuh, petugas juga berhasil menangkap 15 pelaku balapan liar yang meresahkan warga.

Selain melakukan tindakan langsung dengan memberikan surat tilang, petugas juga melakukan upaya preentif dengan melakukan teguran dan sejumlah sosialisasi tertib lalulintas. Upaya ini dilakukan dalam rangka menghadapi arus mudik Lebaran untuk membiasakan diri tertib berlalulintas.

“Target kami adalah menekan angka kecelakaan lalulintas seminim mungkin, khususnya saat arus mudik lebaran, sehingga operasi patuh ini sangat penting untuk membiasakan diri berperilaku tertib. Karena kecelakaan diawali dengan pelanggaran lalulintas,” tandasnya.

Rincian hasil Operasi Patuh:

Pelanggaran zebra cross: 96
Pelanggaran muatan & dimensi: 120
Pelanggaran melawan arus: 183
Pelanggaran marka, parkir liar & menaik turunkan penumpang: 136
Pelanggaran berboncengan lebih dari satu: 53
Pelanggaran tidak memakai helm: 205
Pelanggaran balapan liar: 15
Pelanggaran mengemudikan tidak wajar: 16
Pelanggaran persyaratan teknis Dan laik jalan: 254
Pelanggaran Mobil barang untuk mengangkut orang: 46
Pelanggaran pelajar tidak memiliki SIM: 966

Teguran: 1.254

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge