0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Terlalu Lama di Rest Area, Pemudik Bisa Kena Denda

Rest Area dengan tukang pijat. (Dok.Timlo.net/ Nanin)

Timlo.net – Pemudik bisa kena denda jika terlalu lama berada di rest area selama lebaran. Pemberlakuan denda bertujuan agar tidak terjadi penumpukan kendaraan di area peristirahatan.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sekaligus Koordinator Angkutan Lebaran Terpadu 2016, Pudji Hartanto Iskandar mengaku rencana pemberlakuan penalti tersebut masih dalam tahap pembahasan. Denda yang diberlakukan dalam rencana ini berkisar Rp 250.000 hingga Rp 500.000.

“Misalnya, untuk buang air kecil dan istirahat jangan lama-lama, maksimal satu sampai 1,5 jam. Kalau lebih nanti dikenakan penalti, sedang kami bicarakan teknisnya seperti apa,” ujar dia, Senin (30/5).

Selain penumpukan kendaraan di ruas-ruas jalan, kepadatan juga sering kali ditemukan di area peristirahatan, terutama di jalan tol. Sehingga, lanjut dia, antrean kendaraan mengular sampai ke lajur jalan tol.

Kemenhub bakal berkoordinasi dengan Korps lalu Lintas (Korlantas) Polri untuk mengatur serta membatasi kendaraan yang keluar masuk area peristirahatan. Meski demikian, pemudik, terutama sopir wajib melakukan istirahat setiap empat jam sekali atau digantikan dengan sopir cadangan.

Sementara itu, Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Brigjen Pol Agung Budi Maryoto mengatakan pihaknya juga akan mengatur lalu lintas kendaraan di area peristirahatan. Terutama, untuk pemudik yang menggunakan sepeda motor, dia mengimbau untuk wajib beristirahat ketika sudah mulai merasa mengantuk dan lelah.

Kemenhub memperkirakan akan ada 4,3 juta pemudik yang melalui jalur darat pada masa angkutan Lebaran tahun ini. Jumlah itu turun 7,87 persen dari Lebaran 2015, yakni 4,7 juta pemudik.

Selain itu, pemudik dengan kendaraan pribadi juga diprediksi meningkat 4,5 persen pada masa angkutan Lebaran tahun ini yakni 2,4 juta mobil pribadi dibandingkan 2,3 juta mobil pribadi tahun lalu.

[sau]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge