0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kasus Pelecehan Seksual Memprihatinkan

merdeka.com
Ilustrasi Pelecehan Seksual (merdeka.com)

Sragen – Kasus pelecehan seksual di Kabupaten Sragen cukup mengkawatirkan. Dalam 10 tahun terakhir telah terjadi 110 kasus pelecehan seksual yang menimpa perempuan dan anak di Bumi Sukowati.

“Selama 10 tahun terakhir, terjadi 110 kasus pencabulan dan 6 kasus trafficking di Sragen,” kata Koordinator Aliansi Perempuan Peduli Sukowati (APPS) Sragen, Sugiarsi, Minggu (29/5).

Sugiarsi mengungkapkan, dari 110 kasus tersebut ada yang mengalami perkosaan, pencabulan dan pelecehan. Baik yang dilakukan oleh orang lain, orang tua, bahkan ada yang guru terhadap siswanya. Namun dia enggan menyebut secara rinci, karena sebagian besar sudah berlangsung cukup lama.

Salah satu kasus yang baru-baru ini menghangat dan sempat menjadi perhatian publik, bahkan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) adalah kasus RS (17), seorang pelajar yang menjadi korban penelanjangan dan pengarakan bugil.

Sugiarsi menyakini jumlah kasus itu masih bisa bertambah. Masih banyak kasus pelecehan seksual yang tidak diketahui lantaran korban atau keluarganya tidak melapor.

”Masalah perempuan itu seperti gunung es, sehingga diperlukan peran pemerintah dan kesadaran bersama agar para korban berani melaporkan kejadian yang menimpanya,” jelas Sugiarsi.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge