0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Perlunya Pendidikan Seksual Diberikan Kepada Anak Sejak Dini

Arif Tri Setyanto (foto: Tyo Eka)

Solo – Pendidikan seksual perlu diberikan kepada anak sejak dini. Salah satunya untuk mengantisipasi pelecehan seksual terhadap anak.

“Belakang memang sering terjadi kasus pelecehan seksual terhadap anak. Umumnya si anak yang menjadi korban belum tahu kalau apa yang diperbuat kepadanya adalah suatu bentuk pelecehan,” ungkap Psikolog Universitas Sebelas Maret (UNS), Arif Tri Setyanto kepada Timlo.net, Sabtu (28/5).

Si anak, lanjut Arif, umumnya, tidak tahu atau belum tahu kalau organ tubuhnya ada yang tidak boleh dipegang oleh sembarang orang. Karena ketidaktahuannya sering dimanfaatkan oleh orang lain. Inilah salah satu awal mula terjadinya tindak pelecehan seksual terhadap anak.

“Karena itu, perlunya pendidikan seksual bagi anak sejak dini,” ujarnya.

Pendidikan seksual sejak dini kepada anak, menurut dosen Psikologi UNS, seyogyanya atau lebih baik disampaikan oleh orangtuanya sendiri. Selain untuk menghindari kecanggungan dalam berkomunikasi, juga menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Namun demikian, kata Arif, tidak jarang justru orangtua tidak mengetahui perihal pendidikan seksual. Bahkan banyak orang tua yang menganggap tabu.

“Untuk itu, bagi orang tua yang masih minim pengetahuan hendaknya juga mendapatkan pengetahuan seksual melalui forum-forum tertentu seperti kumpulan PKK atau kumpulan pengajian terbatas, kumpulan tingkat RT, dan sebagainya,” ujarnya.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge