0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Puluhan Pelaku Usaha Mebel Dukung HIMKI

Sejumlah pelaku usaha mebel soloraya saat menggelar dukungan Deklarasi HIMKI (foto: Setyo)

Solo – Sejumlah pelaku usaha mebel dan kerajinan Soloraya mendukung Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI) sebagai wadah asosiasi bersama untuk segera dideklarasikan. Pasalnya dengan adanya dua asosiasi seperti yang sudah berjalan saat ini, dianggap kurang efektif untuk mengakomodir kebutuhan para pelaku usaha.

“Kita sangat mendukung agar HIMKI bisa segera dideklarasikan. Karena sekarang sudah tidak waktunya lagi untuk kita saling gontok-gontokan, dan mestinya bisa saling bersinergi untuk menatap ke depan,” ujar salah satu pengusaha mebel sekaligus ketua Asmindo Komda Solo, Yanti Rukmana kepada wartawan, Sabtu (28/5).

Dikatakan dia, dukungan tersebut berkaitan dengan hasil keputusan tim ad hoc nasional, yang terdiri dari perwakilan Asmindo dan Amkri yang telah membentuk asosiasi baru, yaitu HIMKI. Alasan dibentuknya asosiasi baru tersebut, menurutnya untuk menyiasati, karena di dalam aturan organisasi, baik Asmindo maupun Amkri tidak mengenal istilah penggabungan.

“Sehingga sebenarnya sudah tidak ada alasan lagi untuk kita menolak HIMKI. Karena hadirnya asosiasi baru tersebut semangatnya untuk lebih mempermudah dan menyiasati aturan organisasi di masing-masing asosiasi,” jelasnya.

Oleh karena itu, Yanti berharap melalui semangat kebersamaan dan strategi yang dilakukan oleh tim ad hoc tersebut, nantinya jika masing-masing asoasiasi sudah melakukan pembubaran diri, bisa langsung bergabung di HIMKI sebagai asoasiasi milik bersama.

Sementara itu, Wakil Sekertaris Jenderal Amkri Pusat, Supriyadi dalam kesempatan yang sama juga menyampaikan, secara nasional masing-masing asosiasi baik Amkri maupun Asmindo sudah menyepakati untuk bersatu. Sebagai follow up kesepakatan itu, juga telah dibentuk tim ad hoc untuk merumuskan segala kebutuhan yang diperlukan.

“Kesepakatan itu sudah dituangkan dalam MoU pada bulan lalu, sehingga sebenarnya sudah tidak ada persoalan lagi. Karena secara mayoritas dari kedua asosiasi juga sangat mendukung agar bisa bersatu,” terangnya.

Sedangkan musyawarah nasional luar biasa (Munaslub) dari Asmindo dan Amkri untuk pembubaran diri akan dilakukan pada 31 Mei mendatang. Setelah resmi dibubarkan, anggota dari kedua asosiasi tersebut, menurutnya akan langsung mengikuti munas HIMKI.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge