0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

10 Mahasiswa Dibiayai Magang di Luar Negeri

Dr. Ir. Eddy Tri Haryanto, MS (foto: Tyo Eka)

Solo – Sebanyak 10 mahasiswa asal Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) akan dimagangkan melalui Gerakan Mahasiswa Wirausaha kemitraan dengan industri berkala internasional di luar negeri, seperti Taiwan, Thailand dan sebagainya. Kesepuluh mahasiswa tersebut merupakan hasil seleksi dari pelatihan life skill mahasiswa.

“Hal itu untuk mendukung program Internasionalisasi UNS,” ungkap Kepala Pusat Studi Kewirausahaan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UNS, Dr. Ir. Eddy Tri Haryanto,MS kepada Timlo.net di Hotel Sahid Jaya, Sabtu (28/5).

Edi mengatakan, saat ini yang mengikuti pelatihan tercatat ada 100 mahasiswa. Untuk kali ini hanya diperuntukkan bagi mahasiswa FISIP UNS, baik program S1 dan D3 dari empat jurusan, yakni Komunikasi, Administrasi Negara, Sosiologi dan Hubungan Internasional.

“Dari ke 100 mahasiswa itulah, nantinya akan kami seleksi hingga dipilih sebanyak 10 mahasiswa, yang akan mengikuti magang internasional,” jelasnya.

Berdasarkan data peserta pelatihan, sebanyak 75 persen diantaranya telah memiliki Usaha Kelompok Produktif (UKP). Jumlahnya 78 macam usaha kelompok produktif kecil-kecil, antara lain seperti border pakaian, kerajinan tas, kosmetik, usaha catering, usaha jamur krispi, ternak lele, ternak ayam, took retail dan sebagainya.

“Mereka yang lolos seleksi nanti, akan ikut magang di sejumlah negara selama 25 hari dengan semua biaya dari negara,” jelasnya.

Setelah magang di sejumlah negara manca nanti, untuk belajar mengembangkan usaha, ke depan diharapkan bisa melakukan kegiatan ekspor.

“Mereka bisa mengekspor komoditas-komoditas yang diusahakan di sini,” ujarnya.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge