0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Petani Dapat Bantuan Mesin Panen Padi

Anggota DPR RI, Agustina Wilujeng menyerahkan bantuan Combine Harvester kepada kelompok tani Sragen. (foto: Agung)

Sragen – Jawa Tengah dapat bantuan 2.000 mesin pemanen padi (Combine Harvester) untuk kelompok tani. Bantuan tersebut sebagai komitmen pemerintah untuk mendukung pertanian modern dengan menggunakan alat dan mesin pertanian (Alsintan).

“Kalau bisa 2.000 unit Alsintan kan ada percepatan proses panen dan itu menguntungkan petani. Kebetulan tanam dan panen untuk wilayah Sragen ini bareng,” kata Anggota DPR RI, Agustina Wilujeng, Sabtu (28/5).

Agustina menjelaskan, dengan memakai Combine Harvester, maka proses memanen padi dipastikan akan lebih cepat, menghemat tenaga dan biaya produksi. Namun dari target 2.000 alsintan, baru disalurkan 400 Combine Harvester di Jateng. Sebanyak 11 unit diantaranya disalurkan untuk enam kelompok tani di Sragen.

Bantuan 11 Combine Harvester itu sendiri terdiri 5 unit combine berukuran sedang dan 6 combine berukuran kecil. Sebelumnya, para kelompok tani itu memang telah mengajukan proposal pada saat masa reses.

Dia sendiri bakal melakukan monitoring ke kelompok tani penerima bantuan cmbine untuk memastikan alat tersebut benar-benar dimanfaatkan untuk kesejahteraan petani. Untuk itu dia mengingatkan agar kelompok tani tidak sekali-kali menjual Combine Harvester.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge