0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tol Bawen-Salatiga Siap Beroperasi Lebaran

merdeka.com
ilustrasi (merdeka.com)

Timlo.net – Ruas jalan Tol Semarang-Solo Seksi III, antara Bawen-Salatiga, siap digunakan sebagai jalur mudik alternatif pada H-7 Lebaran. Saat ini, progres pengerjaan ruas sepanjang 17 kilometer itu sudah mencapai 35 persen.

Berdasarkan keterangan pers Kementerian PUPR, Sabtu (28/5), Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengecek sejumlah pekerjaan. Diantaranya, pengerukan tanah di sejumlah ruas dan pembangunan dua jembatan utama. Yaitu, Jembatan Tuntang sepanjang 370 meter dengan tinggi 56 meter dan Senjoyo sepanjang 160 meter tinggi 30 meter.

Pengerjaan kedua jembatan tersebut akan terus dikebut agar bisa dilalui pemudik Lebaran 2016.

Jalur alternatif tersebut akan disambungkan dengan jalan nasional Semarang-Solo. Dengan begitu, jalan tol yang masih dalam proses pengerjaan bisa dipergunakan sampai ke Salatiga.

“Sekarang dari Salatiga-Solo pembebasan lahannya mencapai 63 persen. Mudah- mudahan 2018 nyambung, nanti Solo-Kertosono juga 2018,” kata Basuki.

Kementerian PUPR juga menyiapkan opsi alternatif lain. Yakni, membuat jalur masuk baru tidak melewati Jembatan Tuntang.

“Kalau tak lewati jembatan itu, maka bisa lewat jalur baru yang diperlebar. Pengerjaan jalan itu melewati tanah PTPN IX dan saya sudah telepon Ibu Menteri BUMN minta izin penggunaan tanah PTPN IX, sudah diizinkan,” kata Basuki.

[yud]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge