0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jenang Terpanjang di Dunia Ada di Kedung Gudel

foto: Putra
Festival jenang terpanjang di Desa Kedunggudel (foto: Putra)

Sukoharjo – Warga Desa Kedung Gudel, Kecamatan Sukoharjo menggelar Festival Jenang terpanjang di tengah kampung Sabtu (28/5). Acara ini dalam rangka menyambut Bulan Ramadan dan mengenalkan jenang sebagai komoditas unggulan ke tingkat nasional dan Internasional.

“Acara ini disamping untuk menyambut Bulan Ramadan juga untuk mengenalkan kepada seluruh masyarakat potensi unggulan yang sejak turun-temurun dengan produk jenang. Dan juga agar para generasi penerus ini mampu mengembangkan dari sisi marketingnya,” kata panitia acara, Muhammad Diki Nur Syafaat, Sabtu (28/5).

Dalam acara yang diikuti seluruh warga kampung dan sejumlah tamu undangan dari Muspika Kecamatan Sukoharjo ini diawali dengan kirab berbagai macam jenang. Dengan dimeriahkan sejumlah penari tradisional dan dukungan warga, jenang sepanjang 30 meter yang sudah disiapkan dicatat sebagai jenang terpanjang di dunia versi Museum Rekor Sukoharjo (Muresko).

Desa Kedung Gudel merupakan desa penghasil berbagai macam jenang sejak turun temurun selama puluhan tahun. Sedikitnya ada 20 pengrajin jenang yang saat ini masih eksis dan setia melestarikan warisan leluhurnya sebagai jalan mencari nafkah keluarga.

“Di Kedung Gudel ini masih ada sekitar 20 lebih pembuat jenang, selain itu juga di sini sentra pembuat kerupuk karak dan yang tidak kalah luar biasanya sebagian warga berprofesi sebagai pengrajin batik,” tandas Kepala Kelurahan Kenep, Sugiyatno.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge