0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tirtonadi Batal Beli AC Sentral

Terminal Tirtonadi Solo (dok.timlo.net/red)

Solo – Unit Penyelenggara teknis daerah (UPTD) Terminal Tirtonadi membatalkan rencana pengadaan AC sentral untuk sisi Barat terminal. Pendingin ruangan terpusat itu urung dibeli menyusul rencana pemerintah pusat mengambil alih terminal tipe A di semua daerah, termasuk Terminal Tirtonadi.

“Karena tahun depan akan diambil alih pusat, belanja­belanja modal tahun ini kita batalkan. Salah satunya pembalian AC sentral,” kata Kepala UPTD Terminal Tirtonadi, Eko Agus Susanto, Sabtu (28/5).

Rencananya, anggaran pengadaan AC sentral itu akan dialihkan untuk belanja rutin seperti pembayaran rekening listrik. Menurut Eko, pengeluaran terminal untuk listrik per bulan cukup besar. Sejak revitalisasi beberapa tahun lalu, konsumsi listrik terminal mencapai Rp 250­300 Juta per bulan.

“Sebelum revitalisasi dulu paling besar cuma Rp 75 Juta,” terangnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Pemerintah Pusat melalui Kementerian Perhubungan akan mengambil alih seluruh terminal Tipe A di berbagai daerah. Pengelolaan terpusat tersebut dilakukan untuk menyeragamkan pelayanan di semua terminal yang jumlahnya mencapai 140 unit itu.

Namun sampai saat ini belum ada petunjuk pelaksanaan maupun petunjuk teknis terkait proses peralihan dari daerah ke pusat. Akibatnya, pihak terminal kebingungan dengan teknis serah terima yang dijadwalkan akhir Desember mendatang.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge